Dokumentasi Software Open Source

Dalam sebuah milis Linux, Linus Torvalds memberikan pendapatnya tentang dokumentasi software yang menurutnya tidak pernah akurat sehingga tidak layak dipercaya. Karena menurutnya orang yang menulis dokumentasi biasanya orang yang sama sekali tidak terlibat dalam implementasi programnya. Berikut kutipannya,

You seem to put a lot of trust in a piece of documentation.

Do you realize how those pieces of paper are written? They are written by
people who have absolutely *nothing* to do with the actual implementation,
and whose job it is to write documentation. And while the people who

actually do the programming etc are supposed to help them, the two parties
generally detest each other.

Technical writers hate the “real engineers” for not helping them, and the
“real engineers” tend to dislike having to be pestered to explain their

stuff and have to read through some document that isn’t meant for them,
but that they need to sign off on.

In other words: please do *not* expect that the documentation actually
matches reality. You seem to think that the documentation came first
and/or is quite accurate. That’s not at all likely to be true.

Biarpun diskusi tentang kutipan milis ini lebih mengarah pada dokumentasi Linux, tapi saya pikir itu tidak benar. Dengan membaca kembali thread milis tersebut saya yakin yang dimaksud Linus adalah dokumentasi dari software komersil, bukan open source.

Menurut pendapat saya, dokumentasi software open source adalah yang terbaik. Orang yang menulis dokumentasi software open source, tidak seperti yang dikatakan Linus di atas, adalah dipilih dari programmer yang mengembangkan software tersebut. Karena berbeda dengan software komersil, komunitas pengembang software open source tidak dibayar dan tidak membayar orang khusus untuk menulis dokumentasi.

Kalaupun ada pembagian tugas, di mana satu orang ditugasi khusus untuk menulis dokumentasi, orang tersebut adalah bagian dari komunitas yang memiliki semangat dan dedikasi sama dengan yang lain. Plus dia juga programmer atau setidaknya orang teknis yang terlibat secara intens dalam komunitas lewat mailing list atau IRC.

Memang benar, dalam perkembangannya, pengembang software open source banyak juga yang berasal dari perusahaan komersil tertentu. Dia sengaja ditugaskan perusahaannya untuk terlibat dalam pengembangan software open source tersebut. Dengan kata lain dia digaji untuk itu.

Namun tetap saja, orang-orang ini adalah orang teknis yang mengerti benar apa yang dilakukan, karena itulah ia ditugaskan perusahaannya. Dan dengan pengawasan ketat dari komunitas, tidak sembarang orang bisa terlibat secara langsung mengubah-ubah kode atau menulis dokumentasi. Bisa dipastikan, pengembangan software open source bebas dari politik perusahaan tertentu.

Inilah yang membuat umumnya dokumentasi software open source sangat akurat dan bisa dipercaya.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.