Magneto-Inductive Untuk Menghidupkan Gadget Tanpa Kabel

Peneliti dari Universitas Oxford saat ini tengah mengembangkan teknologi yang memungkinkan perangkat digital seperti handphone atau kamera digital untuk dihidupkan tanpa menggunakan kabel dan tanpa batere. Penelitian ini dikembangkan dari penelitian sebelumnya terhadap metamaterial, yaitu materi yang dapat digunakan sebagai permukaan magneto-inductive power yang bisa mentransfer daya pada perangkat lain di sekitarnya dalam jarak tertentu tanpa kabel.

Selain menyalurkan daya, bahan metamaterial juga bisa bekerja sebagai magneto-inductive wave guide yang mampu menyalurkan data sampai kecepatan 3,5 Gigabit per detik ke perangkat sekitarnya. Dan karena sifat metamaterial yang berbentuk lapisan konduktif terpola (patterned conductive layer), artinya permukaan magneto-inductive ini bisa dibuat setipis dan selentur mungkin. Dia bisa digunakan sebagai lapisan tambahan pada layar monitor komputer misalnya, sehingga untuk transfer data tidak lagi diperlukan kabel USB, melainkan cukup mendekatkan perangkat seperti handphone ke layar monitor untuk mentransfer photo.

Pengembangan lainnya adalah menambahkan lapisan magneto-inductive ini pada karpet untuk menghidupkan lampu rumah tanpa kabel dan colokan listrik. Atau menambahkannya pada bahan pakaian, sehingga kita tidak perlu lagi pusing men-charge handphone atau gadget lainnya, cukup menaruhnya di saku baju atau celana saja. Dan nantinya orang bisa saling bertukar data dengan cukup mendekatkan diri satu dengan yang lainnya (silahkan berfantasi :)).

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.