Pemasukan Untuk Widget/Apps

Membuat widget/apps untuk social network seperti Facebook, Friendster atau MySpace terkadang bikin frustasi ketika memikirkan aspek komersilnya. Terutama kalau anda masih mengandalkan pemasukan dari iklan seperti Google Adsense, Adbrite atau Cubics. Karena jujur saja, sebagai pengguna, kita tidak datang ke Facebook atau Friendster untuk mengklik ads (ini benar untuk CPC, itulah kenapa anda harus memilih CPM kalau ingin memasang iklan di widget).

Namun jangan berkecil hati dulu, wawancara Jeremiah Owyang dengan developer RockYou ini bisa menjadi masukan bagi anda dalam mencari alternatif pemasukan lain.

Walaupun ide wawancara tersebut ditujukan untuk perusahaan yang ingin menggunakan widget sebagai media untuk memasarkan produknya atau memperluas branding perusahaannya, tapi bagi developer seperti kita, ini bisa dijadikan alternatif pemasukan lewat widget.

Ya, daripada memasang iklan yang seringkali nggak nyambung dengan tema widget/apps dan mengharap pengguna mengkliknya, kenapa nggak kita kerja sama dengan perusahaan tertentu untuk mengiklankan produknya di widget kita. Dengan begini, target advertising-nya jelas dan bentuk kerjasamanya juga bisa dibuat saling menguntungkan.

Untuk itu ada tiga macam pendekatan yang bisa kita tawarkan:

  1. Branding
    Ini untuk widget/apps yang sudah berjalan dan memiliki pengguna yang cukup banyak. Kita bisa tawarkan ke perusahaan yang sesuai dengan tema widget/apps untuk mengiklankan produknya di widget kita. Contoh kasus yang cukup sukses adalah ketika Sony Pictures mengiklankan film 30 Days Night di aplikasi Facebook yang sangat populer, Vampire.
  2. Interaction
    Kekuatan widget/apps dibanding website biasa adalah adanya interaksi antar pengguna. Contohnya adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna mengirim hadiah ke teman, seperti freegift. Ini bisa jadi viral marketing yang ampuh, apalagi dengan adanya news feed seperti di Facebook yang memungkinkan semua orang melihat apa yang dilakukan temannya. Kita bisa saja tawarkan ke perusahaan tertentu untuk mengiklankan produknya dalam bentuk hadiah-hadiah tadi.
  3. Custom

    Dengan membuat widget/apps khusus untuk mengiklankan produk perusahaan. Contohnya adalah aplikasi My Need for Speed, aplikasi Facebook yang menjadi ajang kumpul dan diskusi penggemar game Need For Speed yang dibuat khusus untuk Electronic Arts.

So, masih semangat membuat widget? hayoh atuh.

Bookmark the permalink.

One Response to Pemasukan Untuk Widget/Apps

  1. Pingback: Mengorbankan Teman di Facebook Untuk Dapat Burger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.