Perhatikan XMPP

Yap, perhatikan baik-baik dan selalu ikuti perkembangan XMPP (Extensible Messaging and Presence Protocol) atau Jabber, saya punya keyakinan ini akan menjadi protokol yang membangun arsitektur web berikutnya (Web 3.0?), seperti AJAX yang membangun web 2.0.

Bukan hanya karena perusahaan-perusahaan raksasa mulai beralih menggunakannya (terakhir AOL), namun konsep komunikasi dua arah non-polling yang reliable dan extensible juga sifat keterbukaan yang memungkinkan komunikasi antar server yang berbeda bisa menjadi standar komunikasi, bukan hanya di dunia IM (Instant Messaging) namun dalam dunia cloud service sebagai kandidat pengganti SOAP.

Artikel R/W Web minggu ini bisa menjadi awalan bagus untuk mengenal XMPP dan mengapa XMPP bisa membangun komunikasi online berikutnya.

Dengar-dengar Android juga sudah mulai mengadopsi XMPP. Kalau katanya the next web akan lebih didonimasi oleh dunia mobile, maka ini semakin memperkuat kemungkinan XMPP sebagai the next protocol. Jadi perhatikan dan ikuti terus perkembangan XMPP.

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.