Microhoo: Google Bicara

Google lewat Senior Vice President-nya, David Drummond, akhirnya angkat bicara tentang kemungkinan akuisisi Yahoo! oleh Microsoft.

Ok, sekarang semua boleh panik. 🙂

So Microsoft’s hostile bid for Yahoo! raises troubling questions. This is about more than simply a financial transaction, one company taking over another. It’s about preserving the underlying principles of the Internet: openness and innovation.

I couldn’t agree more dengan yang terakhir, openness and innovation!

Yahoo! (dan Google) selalu komit dengan keterbukaan dan inovasi. Dua website yang saya yakin paling sering dikunjungi oleh developer seperti saya adalah YDN dan Google Code. Saya sendiri lupa kapan terakhir kali mengunjungi MSDN.

Dalam perspektif developer, kemungkinan pengambilalihan Yahoo! oleh Microsoft adalah sangat mengkhawatirkan.

Namun saya yakin, developer-developer Yahoo! tidak akan tinggal diam. Orang-orang yang terkenal sangat vokal seperti Douglas Crockford, javascript architect-nya Yahoo! pasti akan melakukan sesuatu kalau akuisisi itu terjadi. Dalam berbagai kesempatan dia sering menyebut Microsoft senantiasa membanjiri internet dengan bugs lewat browser IE nya. :p

Komunitas Open Source pun pasti tidak akan membiarkan dominasi software komersil Microsoft. Kita tahu Yahoo! banyak berkontribusi dalam komunitas Open Source.

Semua ini tentu saja kalau memang benar apa yang dikatakan David Drummond di atas, yaitu ini bukan masalah transaksi finansial semata, tapi juga persoalan prinsip.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.